PENGERTIAN KOMUNIKASI BISNIS
Pengertian komunikasi
bisnis merupakan sebuah proses pertukaran pesan (informasi) untuk mencapai
efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur organisasi (jenjang/level)
pada system organisasi yang kondusif. Pada kegiatan komunikasi bisnis. Pesan yang
disampaikan hendaknya tidak hanya bersifat informative semata, namun juga
bersifat persuasive untuk memberikan pemahaman pada pihak lain agar mengerti
dan bersedia menerima suatu kayakinan untuk melakukan suatu perbuatan atau
kegiatan, kemudian pembahasan pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli,
mengemukakan pendapatnya yaitu:
“komunikasi bisnis adalah
komuniksi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk
komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal”
“komunikasi bisnis adalah
kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua
orang kelompok kecil atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk
mempengaruhi perilaku didalam suatu organisasi.
PENTINGNYA KOMUNIKASI BISNIS
Bagi seorang manajer dituntut
memiliki kemampuan untuk membicarakan mengenai ide gagasan dan tujuan dalam
lingkungan organisasi tersebut untuk kemajuan dimasa depan. Pentingnya kemampuan
komunikasi bisnis juga hal penting untuk bagaimana menyampaikan produk atau
jasa yang dimilikinya kepada para pelanggan. Berbagai kendala yang mungkin
dihadapi seseorang manajer yang dihadapi dalam komunikasi bisnis, antara lain:
·
Struktur komunikasi yang buruk
·
Penyampaian yang lemah
·
Penggunaan media yang salah
·
Pesan yang campur aduk
·
Salag audience
·
Lingkungan yang mengganggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar